Wednesday, February 20, 2013

Cloud Computing Bagaikan PLN



Dalam seminar nasional yang diselenggarakan tanggal 20 Februari 2013, Pak Alex Budiyanto menerangkan tentang penjelasan Cloud Computing dari basic. Bagi saya yang sangat awam dengan cloud computing saya mendapatkan ilmu yang mencerahkan tentang cloud computing ini.

Beliau menjelaskan analogi cloud computing layaknya listrik dan air. Sebagai contoh kita tidak perlu membuat pembangkit listrik sendiri untuk mendapatkan listrik sendiri bukan? Air pun kita tidak perlu membuat penjernih air sendiri, hanya berlangganan dengan PAM. Begitu pula dengan Cloud Computing. Pengguna hanya berpikir cara menggunakan komputernya.

Pak Alex pun mendemokan cloud computing dengan menggunakan Windows Azure. Beliau menampilkan cara membuat sebuah komputer virtual cloud. Konfigurasinya sangat mudah seperti konfigurasi aplikasi biasa. Walaupun agak tersendat sedikit karena internetnya lambat, setelah menunggu beberapa waktu komputer yang dibuat telah tersedia, bahkan bisa langsung diakses dengan PUTTY.

Yang cukup mencengangkan bagi saya, ternyata Cloud Computing memungkinkan untuk scale down dan scale up. Hal ini memungkinkan kita menentukan sendiri resource komputer yang kita sewa. Misalnya komputer virtual kita tentukan berapa processornya dan berapa besar RAM-nya. Menyenangkan sekali bukan?

Ternyata Cloud Computing keren banget!

No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)