Buy Me A Coffee!

GoPay

Sunday, April 21, 2013

Naif

Jujur, polos, tak berdosa. Innocent kata orang-orang bilang. Terkesan utopia?

Semakin lama saya di dunia, semakin saya diterpa kenyataan-kenyataan pahit. Getirnya sudah tidak terasa karena dicemil setiap hari. Getirnya tentang anggapan, bahwa kebenaran telah musnah.

Rasa percaya terhadap polisi yang jujur, pejabat yang tidak korup, tak ada pembuang sampah sembarangan... Semuanya terkesan berada jauh dalam utopia, dunia yang serba sempurna.

Salahkah saya menjadi orang yang benar? Tertawakan retorika tadi, sampai muntah. Ya goblok.

Eh bahkan orang goblok adalah orang yang percaya bahwa semua orang adalah orang jujur dan baik hati.

Padahal agama-agama, buku-buku PKn yang tebal-tebal, celotehan-celotehan orang tua, guru-guru, mengajarkan kebaikan. Kebaikan yang seperti apa? Kebaikan semu. Layaknya tahi, sudah pernah mencium dan memegangnya, tapi tetap dikeluarkan.

Dan kita tidak bisa hidup tanpanya.

Beberapa waktu yang lalu manusia-manusia beberapa tahun di bawahku melaksanakan ujian kepenatan. Mereka bilang namanya UN. Singkatan dari Ujian Nasional katanya. Yang membuat saya muak bukan dari lembaran soal-soal yang telat atau paket soal yang semakin membabi buta beragam rupa. Tapi makna tentang kejujuran.

Kenapa kejujuran dikritisi disini seolah tak ada lagi orang yang jujur? Mata mata yang membelalak menjerat setiap peserta untuk bungkam dan terus menghitamkan lembar jawaban. Toh, kalau jujur, ya ditanggung diri sendiri?

Doktrin dari orangtuaku yang membiarkan anaknya untuk mengetahui apa itu kejujuran.

"Adek puasa? Kalau misalnya lapar makan aja, ada di dalam panci."
"Ibu lebih baik nggak ngerjain daripada nyontek. Toh nanti nggak bisa apa-apa cuma dapat nilai."
"Ya.. boleh nonton video porno, tapi nggak boleh melakukannya karena masih kecil."

dan mereka begitu terbuka berbicara mengenai seks.

Kejujuran yang dipercayakan memberi saya pengertian bahwa jujur itu dirasakan diri sendiri. Nilai dan penghargaan yang didapat berasal dari hati nurani, bukan pandangan.

Menjadi polos dan terbuka. Berhati baik dan percaya. Kata-kata yang susah untuk dianggap ada tapi ya... manusia masih ada. Apakah itu anda?

1 comment:

Comment is caring :)