Thursday, June 13, 2013

Whoops! On The Way 7th Semester

Saya sudah semester 6, mata kuliah apa yang harus saya kontrak untuk semester 7?

Di prodi ilmu komputer jumlah mata kuliah yang harus dikontrak adalah 146 SKS, yang diantaranya terdapat 16 SKS mata kuliah pilihan.


Berikut mata kuliah yang sudah saya kontrak. Eit ,sebelumnya, yang saya tulis ini berdasarkan buku kurikulum tahun 2010 ya. Kurikulum di UPI suka berubah-ubah, jadi mohon maklum.

Format yang saya tulis seperti ini: Kode mata kuliah, nama mata kuliah, kemudian SKS nya. Nah, ini dia, taraa..

Mata kuliah program studi
IK300 Pengantar Teknologi Informasi 2
IK301 Konsep Teknologi 2
KU108 Pendidikan Jasmani dan Olahraga 2
MA300 Matematika Dasar 3
MA301 Fisika Umum 3
MA302 Kimia Umum 3
MA303 Biologi Umum 3
IK302 Bahasa Inggris 2
IK310 Algoritma dan Pemrograman I 2
IK320 Rangkaian Elektronika 2
IK350 Kalkulus 3
IK352 Aljabar Linear dan Matriks 3
IK420 Arsitektur dan Organisasi Komputer 3
KU106 Pendidikan Bahasa Indonesia 2
IK351 Matematika Diskret 3
IK311 Algoritma dan Pemrograman II 3
IK321 Sistem Digital 3
IK330 Basis Data 2
IK380 Pemrograman Visual 3
IK451 Metode Numerik 3
KU105 Pendidikan Kewarganegaraan 2
IK331 Sistem Basis Data 3
IK353 Statistika 3
IK370 Rekayasa Perangkat Lunak 3
IK410 Struktur Data 3
IK421 Jaringan Komputer 3
IK422 Sistem Operasi 4
IK470 Manajemen Proyek Perangkat Lunak 2
IK452 Teori Bahasa dan Automata 3
IK480 Pemrograman Internet 2
IK490 Teknik Riset Operasi 3
IK492 Seminar 3
IK494 Kewirausahaan 2

Totalnya = 88

Mata kuliah keahlian akademik
IK432 Metodologi Berorientasi Objek 3
IK460 Kecerdasan Buatan 3
IK571 Data Warehouse dan Mining 3
IK543 Mobile Computing 3
Totalnya = 12

Mata kuliah dasar akademik
IK340 Disain Web 2
IK450 Logika Informatika 2
totalnya = 4

Mata kuliah umum
KU100 Pendidikan Agama Islam 2
KU107 Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Teknologi (PLSBT) 2
KU300 Seminar Pendidikan Agama Islam 2
KU400 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2
totalnya = 8

Pilihan
IK411 Analisis dan Disain Algoritma 3
IK440 Teknik Multimedia 3
IK481 Pemrograman Berorientasi Objek 3
IK493 Komputer dan Masyarakat 2
totalnya  = 11

Totalnya?

Nah, jadi jumlah SKS mata kuliah yang sudah saya kontrak adalah:
MKPS = 88
MKU = 8
MKDA = 4
MKKA = 12
PILIHAN = 11
Total = 123 SKS

Berarti ada 23 SKS lagi yang perlu saya ambil. Dari 23 SKS itu 6 SKS buat skripsi nanti, jadi sisanya 17 SKS.

Untuk pilihan saya masih kurang 5 SKS lagi, hm.. kayaknya saya bakalan memilih:

Sistem cerdas (3 sks)
basis data non relasional (3 sks)

Itu sih yang kata di buku kurikulum yang tersedia buat semester 7. Kalau saya memilih Teknik Simulasi Pemodelan(3 SKS) nggak ada di semester ganjil, dan saya nggak jadi (sekarang ngontrak teknik multimedia). Kalau mau juga... saya bisa ngambil Pengajaran Berbasis Komputer (2 sks) sih... cuman itu bikin media pembelajaran.. heheh.

Jadi apa yang mau dikontrak?

Sebelum itu kita telaah dulu apa yang wajib dikontrak.
Dari buku kurikulum, di semester 7 ada mata kuliah berikut:
MKU
KKN (2 sks)

MKK
Seminar (3 sks)
Kewirausahaan(2 sks)
Interaksi manusia dan komputer (3 sks)

Pilihan
Basis Data Non Relasional (3 sks)
Basis Data Terdistribusi (3 sks)
Sistem Pendukung Keputusan (3 sks)
Sistem Cerdas (3 sks)
Pemrograman Berorientasi Objek (3 sks) sudah
Komputer Dan Masyarakat (3 sks) sudah
Teknik Kompilasi (3 sks)
Teknik Komunikasi Data (3 sks)
Kontrol dan Robotika (3 sks)
E-bisnis (3 sks)

MKDA
Grafika Komputer (3 sks)

MKKA
Sistem Informasi (3 sks)
Persamaan Diferensial (3 sks)

Untuk semester ganjil yang bisa dikontrak:
Game programming (3 sks)
Interpretasi dan pengolahan citra (3 sks)

Kemudian mahasiswa macam saya ini (baca: angkatan dewasa, uhuk) harus mengontrak PLA (Program Latihan Akademik). Ini semacam magang gitu sih, harus nyari tempat PLA nya juga dimana.

Nah aku jadi mau ngontrak yang mana? Karena saya masih kurang 17 SKS jadinya ngontrak:
Sistem cerdas (3 sks) pilihan
Basis data non relasional (3 sks) pilihan
Interaksi Manusia dan Komputer (3 sks)
Grafika Komputer (3 sks)
Interpretasi dan pengolahan citra (3 sks)
Game programming (3 sks)

Totalnya: 15 sks

Nah sisa 2 sks nya itu apa milih PLA ya? atau PLA semester 8 aja? Gabung sama skripsi gitu? Wah masih belum tahu kapan. Post ini saya update kalo PLA bisa digabung kayak gitu.

Gimana dengan kamu? Bagi-bagi infonya juga ya :D

1 comment:

  1. Ijin meramaikan boleh nggk om? :P

    saya belom pernah kuliah jadi kurang tau yang mana yg bagus >_< . Saya doakan semoga semuanya lancar :D

    ReplyDelete

Comment is caring :)