Buy Me A Coffee!

GoPay

Saturday, July 12, 2014

Program Latihan Akademik Ilkom UPI

Kalau kamu sebagai mahasiswa dan sudah mulai membicarakan yang namanya PLA berarti kamu sudah mulai beranjak dewasa, hahaha.


Apa itu PLA

PLA adalah singkatan dari Program Latihan Akademik. Mungkin kalau di kampus lain namanya PKL, atau magang, tapi intinya sama lah. Sesuai namanya, ini adalah program yang disediakan kampus saya bagi mahasiswa yang ingin mencicipi di dunia kerja. Bahasa puitisnya mencicipi setetes getirnya kehidupan.

Dimana PLA


Dimana untuk PLA itu terserah kamu. Kamu mau minat bidang apa? Teman-teman saya ada yang mengambil web development, ada yang mobile apps, dan saya kebetulan senang dengan game development. Bidang minat ini juga bebas untuk kamu pilih kok, tidak rigid alias baku, selama masih berhubungan dengan ilmu komputer. Ya… asal jangan nyeleneh aja ke konveksi celana dalam. Emangnya ada konveksi celana dalam? Kayaknya ada sih, tapi saya nggak pernah nyari ke sana.

Ok, kembali ke topik. Setelah mengetahui minat yang ingin kamu ambil kemudian saatnya kamu untuk nyari tempat PLA nya. Dimana? Bebas dimana saja. Seperti mencari lamaran kerja, kamu bisa mencari kantor-kantor yang memiliki bidang TI (Teknologi Informasi) di dalamnya.

Kamu nggak harus kerja di kantor yang memang bergerak di bidang TI loh. Sebagai gambaran nih, kamu bisa bekerja di perusahaan minyak bumi. Disana biasanya ada divisi TI yang mengurus web, server, pengelolaan data karyawan, you name it. Kamu bisa memilih perusahaan tersebut.

Melamar PLA



Melamar PLA nggak seribet melamar kerja asli kok. Perusahaan yang kita kontak biasanya memang butuh dan punya slot untuk magang tiap bulannya. Ini yang perlu kamu lakukan:

  1. Kirim e-mail berupa permohonan melamar magang. Sertakan juga Curriculum Vitae kamu. Pastikan gunakan etika menggunakan e-mail yang baik dan benar ya, e-mail itu layaknya surat tapi elektronik, jangan anggap kayak komentar facebook!
  2. Jika direspon biasanya perusahaan tersebut akan mengontak kamu untuk wawancara. Umumnya wawancara ini seputar berapa lama magangnya, mau bikin apa, mulainya kapan, dan sebagainya. Ingat, kamu bukan melamar sebagai karyawan, cuma anak magang doang!


Jika perusahaan yang kamu datangi menerima lamaran PLA kamu secara tidak tertulis kamu sudah siap untuk memulai PLA. Untuk membuat buktinya secara tertulis kamu memerlukan 3 dokumen ini:

  1. Surat permohonan PLA dari fakultas. Minta surat ini dengan menyertakan nama perusahaan yang ingin kamu kunjungi ke staff TU FPMIPA. Teman saya ada yang meminta surat ini terlebih dahulu baru melamar ke perusahaan belakangan, hal itu boleh juga, tapi daripada minta surat beberapa kali saya lebih memilih untuk mendapatkan kepastian tempat dulu. Surat ini kamu berikan ke perusahaan yang bersangkutan.
  2. Surat penerimaan magang dari perusahaan. Minta surat ini ke bagian HRD (Human Resource Development) yang menyatakan kamu telah diterima sebagai mahasiswa magang di perusahaan tersebut. Surat ini kamu simpan untuk laporan PLA nanti.
  3. Proposal magang dari kamu sendiri. Proposal ini merupakan gambaran umum apa yang kamu lakukan di magang nanti. Dengan proposal ini kamu juga bisa mendapatkan pembimbing lapangan.


Kalau pengalaman saya pribadi kebetulan punya kenalan yang bekerja di sebuah perusahaan startup di Bandung. Jadi enjoy aja sih masuknya. Berawal dari chatting facebook dan dilanjutkan dengan dua tahap di atas tadi.

Sebenarnya beda perusahaan beda kebijakan sih. Banyak-banyak saja cari informasi dari kakak tingkat atau rekan yang pernah magang di sana, atau tanya saja langsung ke perusahaannya, mereka dengan senang hati akan menjawab pertanyaan kamu.

Ngapain PLA


Oke, sudah keterima nih, terus ngapain? Di awal tadi kamu sudah melakukan wawancara bukan? Biasanya perusahaan memerlukan diantara hal berikut dari mahasiswa magang (yang bidang teknologi informasi):

  1. Membuat program untuk membantu administrasi. Biasanya poin yang ini dilakukan oleh peserta PLA yang mengambil di perusahaan yang tidak bergerak di bidang TI. Sebagai gambaran kamu bisa membuat program data kepegawaian.
  2. Mengerjakan proyek. Poin yang ini biasanya dilakukan di perusahaan yang bergerak di bidang TI. Hati-hati, kalau perusahaan tersebut memiliki proyek yang cukup besar. Ingat, kamu adalah mahasiswa PLA, bukan karyawan. Pastikan proyek yang kamu kerjakan akan selesai selama kamu PLA. Jangan sampai kebablasan.


Ngomongin kebablasan, mahasiswa ilkom itu sudah langganan ditawarin kerja pas di perusahaan PLA. Walhasil lupa sama ngerjain laporan dan ngambil PLA di semester-semester berikutnya. Sebisa mungkin jangan sampai ini kejadian dulu, ribet aja kan harus ngontrak PLA lagi untuk semester depan.

Bimbingan PLA ke dosen


PLA itu kuliah loh ya, bukan kerja. Selama kamu PLA kamu harus melakukan bimbingan ke dosen pembimbing. Karena hal ini biasanya saya sudah perjanjian sama kantor supaya ada waktu sehari untuk libur, maksudnya sih buat bimbingan di kampus. Kamu juga bisa kok ke kampus dulu untuk bimbingan baru ke kantor.

Apa yang dibimbing selama bimbingan PLA dengan dosen? Umumnya laporan PLA. Jadi kamu mulai mengerjakan laporan PLA dari awal mulai masuk magang. Hal-hal kecil tapi malesin seperti pembukaan dan latar belakang digjolok di bimbingan ini.

Ah, ya, bimbingan PLA ini juga merupakan penyemangat dan pengingat bahwa kamu masih berkuliah, biar nggak kebablasan. Jadi jangan lewatkan bimbingan! Minimal bimbingan yang harus dilakukan adalah 6 kali pertemuan.

Bimbingan PLA ke pembimbing lapangan


Kalau yang ini bimbingannya dengan perusahaan. Kalau waktu saya dengan pembimbing lapangan bimbingannya nanya progress sudah sampai mana dan sharing mengenai teori.

Nah ini yang unik. Di perusahaan saya magang ada saling berbagi tentang teori keilmuan dalam programming. Saya doyan juga sharing ini, soalnya kayak kuliah tapi langsung ke implementasi dari yang berpengalaman. Lumayan lah, itung-itung kursus gratis.

Sidang PLA


Kalau sudah selesai bikin program, sudah bikin laporan, saatnya kamu sidang. Sidang ini nggak kayak sidang skripsi gitu ya. Tahapan untuk sidangnya kayak gini:

  1. Hubungi dosen koordinator PLA dengan membawa lembar nilai dari pembimbing dosen, pembimbing lapangan, dan surat persetujuan mengadakan sidang. Pastikan lembar dari perusahaan dibubuhkan stempel!
  2. Setelah kamu menyerahkan dokumen tersebut, kamu akan diberi nama dosen penguji. Hubungi dosen penguji tersebut untuk mengatur jadwal kapan dan dimana kamu akan diuji.
  3. Datang di hari sidang dengan membawa laporan kamu. Sisanya tanya jawab deh. Beda penguji beda cara mengujinya. Ada yang perlu menggunakan presentasi dan proyektor, ada juga yang ngobrol biasa. Tanyakan saja ke penguji kamu ingin diujikannya dimana dan memerlukan apa saja.
  4. Setelah selesai, jilid semua laporan dan nilai yang kamu peroleh (nilai dosen pembimbing, pembimbing lapangan, penguji) dengan soft cover berwarna kuning. Sertakan di dalamnya CD berisi laporan dan program yang kamu buat. Kemudian serahkan lagi ke koordinator PLA. Kamu juga boleh membuat beberapa rangkap untuk diberikan ke perusahaan tempat kamu magang.

That's it!

Tadaa!! Akhirnya selesai. Kalau kamu mengerjakan semuanya aroma-aromanya kamu lulus dengan nilai baik.

Have fun dengan PLA! Inti dari PLA sih buat kamu ngerasain gimana kerja itu. Yang paling penting dari PLA itu membangun koneksi. Semakin luas koneksi kamu semakin nggak ngebosenin kerjaan.

Oke deh, ini rangkuman dari artikel yang saya buat di atas tadi.

Proses PLA
1. Nyari tempat
2. Kirim lamaran ke perusahaan
3. Minta surat izin magang ke fakultas
4. Pembekalan dari jurusan
5. Mulai PLA
6. Bimbingan PLA
7. Laporan PLA
8. Sidang PLA

Selamat PLA!

No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)