Thursday, October 9, 2014

Tempat Enak Buat Ngerjain Skripsi

Skripsi. Semakin lama kamu menjadi mahasiswa, semakin something rasanya kata ini. Iya lah. Alasannya karena semakin banyak yang bertanya "Kapan lulus?" *batuk darah*. Biar bisa jawab berarti skripsinya harus selesai. Biar selesai berarti harus dikerjain. Dimana aja tempat yang enak buat bikin skripsi?

Supaya tidak terlalu meluas maka kita tentukan dulu kriteria tempat yang enak buat skripsi. Menurut saya ada beberapa faktor utama yang menjadikan sebuah tempat menjadi tempat-skripsiable.

  1. Ada colokan listrik. Kecuali buku skripsi kamu dikerjakan dengan mesin ketik atau tulis tangan sih.
  2. Ada koneksi internet. Kamu perlu mencari jurnal-jurnal terkait penelitian kamu kan? Kalau nggak ada internet susah banget untuk cari referensi. Bagi yang kuliahnya berhubungan dengan ngoding apalagi, rasanya nggak bisa hidup kalau nggak ada StackOverflow.
  3. Ada tempat sholat. Biar kita selalu beribadah dan dimudahkan dalam mengerjakan skripsi. Eaa. Semakin gampang kamu ninggalin laptop buat sholat maka semakin bagus dan praktis tempatnya.
Rumah
Emang bener kata orang kalau "home sweet home," yang secara literal artinya rumah manis rumah. Kamu tinggal duduk manis dan ngerjain skripsi sesuka kamu. Bahkan nggak cuma duduk, kamu bebas mau tengkurep, rebahan, kayang, bebas! Namanya juga rumah kamu.
Tapi masalahanya kalau di rumah ada aja gangguan menggoda. Mulai dari televisi yang menggoda untuk ditontonin, orang tua yang minta dibeliin minyak di warung, sampai kasur yang mengajak untuk tidur bareng.

Skor
Colokan: 10/10
Internet: 3/10 sampai 10/10. Tergantung koneksi kamu pakai apa sih
Sholat: 10/10
Nilai plus:
  • Kalau lagi laper gampang
  • Kalau mau gogoleran di kasur dulu enak
  • Bisa main-main dulu, nonton tv, bahkan mandi. Eh, kapan nyekripnya?

Kosan
Yang jauh dari rumah biasanya ngekos. Ngekos sebenarnya mirip sama rumah, cuma bedanya semua dikerjakan sendiri. Kamu bisa fokus ngerjain skripsi. Tapi ya tergantung seberapa elit kosan kamu. Kalau kasurnya berbantalkan bulu angsa dan kamarnya dilengkapi home theater yahud tingkat distraction nya juga nggak ketulungan, hahaha. Kalau nggak ya temen kosan kadang suka gigitaran dan nyanyi-nyanyi, atau tiba-tiba ada yang ngajak jalan-jalan.

Skor
Colokan: 10/10
Internet: 3/10 sampai 10/10. Tergantung koneksi kosan kamu.
Sholat: 10/10
Nilai plus:
  • Kalau lagi bosen bisa gangguin tetangga
  • Bisa gogoleran juga

Perpustakaan
Canggih banget nih yang suka ke perpustakaan. Contoh mahasiswa teladan. Asal ke perpustakaannya bukan buat ngeceng ya.
Di perpustakaan kamu bisa menemukan beragam referensi. Tapi sayang karena tempat duduknya terbatas jadi kalau lagi apes ya nggak dapet deh. Selain tempat duduknya terbatas colokannya juga berebut! Ya jadi pasrah aja deh kalau baterai laptop kamu abis.

Skor
Colokan: 2/10
Internet: 8/10. Kadang suka kehabisan IP Address, tapi kecepatannya maknyos!
Sholat: 5/10. Kalau kamu sendirian susah buat ninggalin laptop
Nilai plus:
  • Dekat dengan kampus, jadi kalau mau bimbingan bisa langsung
  • Referensi yang bejibun
  • Bisa ketemu temen buat diskusi
Lab
Sebagai peneliti muda yang mengerjakan buku skripsi kerjanya pasti cocoknya di lab dong? Apalagi kalau kampus kamu punya lab yang memadai dan sesuai dengan penelitian kamu. Kamu bisa nyobain metodologi dengan beragam peralatan yang bagus. Sayangnya lab suka jadi tempat buat nongkrong asdos (asisten dosen) dan aslab (asisten lab) yang bikin nggak enak kalau nggak ada temen seangkatan. Hahaha.

Skor
Colokan: 8/10. Tergantung juga sih, labnya penuh atau nggak
Internet: 10/10.
Sholat: 8/10. Enaknya kalau di lab laptopnya bisa dititip sama aslab.
Nilai plus:
  • Mirip sama di perpus, deket dengan kampus dan bisa ketemu sama temen yang bisa diajak diskusi

Cafe
Woow, gaya banget nih yang ini. Kamu bisa ngerjain skripsi sambil ditemani segelas kopi bersauskan karamel dengan taburan coklat dan wafer. Asalkan ada duitnya.

Skor
Colokan: 5/10. Tergantung kafenya gimana, tapi ya biasanya jarang sih ada colokan.
Internet: 5/10. Tergantung kafenya lagi gimana. Ah, biasanya mah standar aja koneksinya.
Sholat: 2/10. Hm... makin rawan kalau laptop ditinggal dulu pas lagi di kafe.
Nilai plus:
  • Bisa ngurangin duit
Itu aja dulu deh ya. Selamat nyekrip!

No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)