Sunday, September 16, 2012

Robot REEM


Pengenalan
Robot REEM dikembangkan oleh perusahaan dari Spanyol, PAL Robotics, sejak tahun 2006. Robot ini termasuk produk komersial, karena itulah fitur yang dimilikinya pun bersifat pelayanan secara umum. REEM memenuhi tugasnya dengan bertindak sebagai pemberi arah, informan, hingga bertindak sebagai porter (pembawa barang). REEM kini digunakan secara operasional di Abu Dhabi National Exhibition Centre.


Teknis
Secara teknis, REEM memiliki tinggi 1.7 meter, memiliki prosesor Core 2 Duo+Atom, dapat membawa berat 30 Kg di container dan 3 Kg di masing-masing tangannya, serta memiliki banyak sensor mulai dari microphone sebagai input suara, stereo-camera di bagian kepalanya untuk input visual, laser dan ultrasounds untuk menghindari halangan, accelerometer dan gyroscope. Seluruh sensor tersebut digunakan sebagai fungsi pendukung REEM.
Untuk pergerakan REEM seri terbaru bergerak menggunakan roda dan dapat bergerak dengan kecepatan 5 Km/Jam.
REEM memiliki fungsi meliputi kepala yang dapat bergerak dan memiliki pengelihatan, pengenalan wajah dan mengingat nama, serta fungsi multimedia dengan layar yang dimiliki di bagian dada. REEM juga dapat memetakan dan menunjukkan arah di sekelilingnya.
REEM juga dapat mengenali informasi berdasarkan pergerakan dari informan. Proses ini disebut sebagai “motion retargeting and the teleoperation system” yang dikembangkan oleh Marcus Liebhardt sebagai bagian dari karya thesis nya. Proses ini memungkinkan REEM mengikuti pergerakan dari informan.
Fungsi-fungsi REEM tidak terbatas, pemiliknya dapat memprogram untuk aplikasi yang dibuat secara khusus untuk kegunaan tertentu, misalnya digunakan di rumah sakit, mall, hotel, bandara, dan museum.

Saran
REEM memiliki fitur yang diimpikan dari fiksi ilmiah tentang kegunaan robot seperti yang dipaparkan pada film Star Trek. REEM sangat memungkinkan mengganti pelayanan dari manusia di masa depan.
Sayangnya REEM model terbaru tahun 2010 ini masih menggunakan roda sehingga belum bisa menaiki tangga. Karena tidak memiliki sendi bagian kaki maka REEM juga tidak dapat menunduk dan bergerak secara bebas untuk menghindar.
Jika fasilitas REEM ditambahkan, dapat memungkinkan robot ini membantu permasalahan lain seperti sampah dengan pengenalan sampah dan secara otomatis memilah dan membuangnya.
Di masa depan REEM bisa jadi merupakan salah satu solusi dari beragam permasalahan di bumi.

Sumber:

PAL ROBOTICS. REEM, How may I helo you?. http://pal-robotics.com/press-kit/brochures/palrobotics-brochure-reem.pdf [diakses 10 September 2012]
http://pal-robotics.com/robots/reem [diakses 10 September 2012]
http://www.arabinnova.com/author/PortalVerSeccion.do?pIdSeccion=69662 [diakses 10 September 2012]
Eaton, Kit.(2011).Robot Butlers Are Finally a Reality.http://www.fastcompany.com/1739734/robot-butlers-are-finally-reality[diakses 10 September 2012]
PAL ROBOTICS.(2011). REEM service robot - PAL Robotics (english), [video]. http://www.youtube.com/watch?v=17kKgEGIozw&list=PL694617161718061D&index=1&feature=plcp [diakses 10 September 2012]
IKE_RobotsPodcast.(2011). REEM - Humanoid robot teleoperation using Kinect.http://robots.net/article/3220.html [diakses 10 September 2012]
PAL ROBOTICS.(2011). REEM - Humanoid robot teleoperation using Kinect, [video] .http://www.youtube.com/watch?v=qsXJ8FqV_GM&list=PL694617161718061D&index=15&feature=plcp



No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)