Saturday, March 30, 2013

Tanyoo Diary: Git Git Yuhu


Tanyoo adalah aplikasi mobile berbasis web. Idenya sih membuat media sosial untuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan, biar bisa belajar dimana saja dan kapan saja dengan mudah.

Aplikasi ini untuk mata kuliah Mobile Computing.  Di kelas diminta untuk membagi kelompok. Nah, developer Tanyoo pun terbentuk, dari @NdaIndana @RatihVuzy @YolaHoshi dan @RewinGW. Karena melakukan development bersama-sama, maka supaya mudah berbagi kodenya digunakanlah Git.

Repository kami ada di https://github.com/igrir/Tanyoo. Developmentnya berlangsung lumayan alot juga ternyata, masih setengah jalan sih... Ini evaluasinya menurut saya:


  1. Aplikasinya sendiri cuma didesain dengan fungsi yang diinginkan. Kami nggak membuat class diagram dan beragam tahapan dalam MBO. Yang kami buat hanya daftar fitur yang dibuat. Hohoho, males soalnya. Padahal mungkin, mungkin ya, bila dilakukan analisis yang detail sebelumnya development aplikasinya lebih mudah.
  2. Jam kerjanya masih belum jelas. Sudah ada sih deadline (ya.. deadline mengumpulkan tugas) tapi kapan saja kerjanya dan milestone yang molor-molor, hahaha *getok palu*
  3. Pengalaman pakai Git uyee
Khusus poin 3 adalah poin paling uwaw.

Kebanyakan rekan-rekan saya ini masih belum pernah memakai Git. Bagi yang belum pernah pakai Git saya akui memang akan terasa bingung pada awalnya. Istilah-istilah Commit, Push, Pull, Merge, Staging, dan sebagainya. Semuanya mulai dipelajari dari awal.

Pada awalnya terasa aneh dan membingungkan, ada kekhawatiran menggunakan workflow Git akan menghambat pengerjaan karena terbatas kendala teknis. Eeh.. lama kelamaan makin nyaman juga ternyata ya...

Sampai sekarang masih pakai Git, saya sendiri merasa masih banyak yang perlu dipelajari cara menggunakan Git. Misalnya ada masalah conflict yang dijelaskan di sini http://www.gitguys.com/topics/merging-with-a-conflict-conflicts-and-resolutions/

Oke deh, Development Tanyoo masih berlanjut, bisa saya bilang sekarang sudah berjalan 45%. Minggu depan dikumpulkan ya... hehe. Ya udah, go go fight go!

No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)