Tuesday, September 24, 2013

Sebuah Tugas SI: Frameworks, Business Process, dan Jobs

Mata kuliah Sistem Informasi mengajarkan peran sebuah software dalam sebuah sistem. Bukan berarti sebuah software adalah sistem ya! Software merupakan alat dalam "sistem informasi" yang saling terkoneksi dalam sebuah institusi.
Ternyata Sistem Informasi menarik untuk dikaji lebih mendalam. Saya baru tahu bahwa perusahaan dalam menerapkan sistem informasi menggunakan framework. Framework adalah bagan rancangan penggunaan sistem informasi yang teratur. Ahli-ahli sistem informasi telah menerapkan framework-framework dan digunakan luas oleh perusahaan-perusahaan besar.
Saya kurang begitu ngeuh juga sih... Saya kurang bisa menangkap cepat kalau mata kuliahnya sangat teori. Tapi begitu lah ya pokoknya... mudah-mudahan kamunya nangkep.
Berikut ini adalah tugas mata kuliah SI untuk mencari istilah-istilah yang ada dalam SI.

Just check it out

IT GOVERNANCE

IT Governance adalah serangkaian aturan dan regulasi penerapan TI dalam perusahaan. IT Governance mendukung peran dan tujuan perusahaan dengan menggunakan TI. Terkandung di dalamanya manajemen resiko terhadap penggunaan TI.

TOGAF

The Open Group Architecture Framework adalah framework untuk arsitektur sistem informasi perusahaan. TOGAF bergantung pada komponen yang sudah pernah dibuat sebelumnya (modularization), standarisasi, dan teknologi yang sudah pernah ada sebelumnya.

TOGAF dibuat oleh The Open Group, yakni sebuah asosiasi yang melakukan serangkaian kegiatan seperti strategi, inovasi, dan penelitian terhadap teknologi. The Open Group paling dikenal sebagai pemberi sertifikasi pada UNIX.

TOGAF bebas digunakan oleh perusahaan manapun.

COBIT

Merupakan singkatan dari Control Objectives for Information and Related Technology. COBIT merupakan framework untuk pengembangan, implementasi, monitoring, dan penambahan IT Governance dan kegiatan manajemen.

Dikatakan COBIT terdiri dari 34 kegiatan TI dan merupakan sebuah cara perusahaan untuk menyeimbangkan bahaya dan kontrol dengan mempertimbangkan biaya paling optimal.

COBIT dibuat oleh IT Governance Institute and the Information Systems Audit and Control Association (ISACA).



Infographic mengenai COBIT

ITIL

Information Technology Infrastructure Library adalah kumpulan dari kegiatan praktis TI yang difokuskan keperluan TI untuk bisnis. ITIL membantu organisasi untuk dibawa ke perubahan cara penggunaan TI sebagai sebuah alat untuk memfasilitasi perubahan bisnis, transformasi, dan perkembangannya.



ITIL digunakan oleh NASA, Bank HSBC, dan Disney.



ITIS


IT Value

IT Value adalah nilai dari TI pada organisasi yang memerlukan informasi yang sangat banyak, lingkungan yang memerlukan transaksi, dan kebutuhan akan manajemen informasi.
"Nilai" atau "Value" sendiri dapat bermakna subjektif. Dikatakan oleh David Consulting Group value bagi departemen TI adalah jembatan penghubung antara kebutuhan bisnis dan apa yang TI bisa berikan. Semakin banyak yang bisa ditutupi, semakin menggunakan biaya yang efektif, maka semakin baik.


Business Process Re-engineering

Business Process Reengineering (BPR) adalah sebuah strategi manajemen bisnis yang berfokus pada analisis dan desain dari langkah kerja proses yang ada dalam sebuah perusahaan. BPR memberikan pemahaman lebih lanjut bagaimana sebuah perusahaan mengatur alur informasi dan mengatur kinerja dari komponen penggerak perusahaan di dalamnya.

Business Process Improvement

... atau disingkat sebagai BPI adalah proses optimisasi proses bisnis yang dikerjakan untuk lebih efisien.
Pengerjaan BPI didasarkan kepada:
  1. Mendefinisikan tujuan dan kegunaan dari sebuah organisasi
  2. Menentukan customer atau stakeholder
  3. Menyejajarkan proses bisnis untuk merealisasikan tujuan organisasi


Business Process Engineering

Dari yang saya baca, Business Process Engineering sama dengan BPR. Ini adalah kegiatan mengetahui alur proses bisnis yang sedang dikerjakan sekarang kemudian melakukan peningkatan produktivitas, efisiensi, dan biaya operasional.

Business Process Automation

... atau disingkat sebagai BPA, adalah strategi dalam bisnis untuk melakukan otomasi dalam proses bisnis yang dilakukan, umumnya proses yang menggunakan biaya. BPA melakukan serangkaian kegiatan seperti mengintegrasikan aplikasi, melakukan struktur ulang terhadap pekerja, dan penggunaan perangkat lunak dalam organisasi tersebut.


Business Process Management

Singkatannya adalah BPM. BPM berupaya memperbaiki process secara terus menerus. BPM berupaya menyejajarkan proses bisnis dari sebuah organisasi dengan kebutuhan dari pelanggan.
Kurang lebih artiannya hampir-hampir sama dengan BPR, BPI, dan BPE.

Langkah-langkah dalam BPM adalah:
  1. Analisis
  2. Re-design dan model
  3. Implementasi
  4. Monitor
  5. Manage
  6. Automate



Business System Planning

Adalah metode untuk mengurus data yang saling terhubung antar satu dengan lainnya, proses, strategi, dan arah dari organisasi departemen. Di dalamnya terdapat serangkaian aturan role, riset terhadap penggunaan informasi dalam perusahaan, hingga implementasi dari rancangan riset.
BSP (Business System Planning) awalnya dikembangkan oleh IBM, kemudian dijual kepada organisasi-organisasi.

4 Stage lifecycle

Menurut handout ini, 4 stage lifecycle terdiri dari :
  1. Requirements, planning, measurement, and control. Menentukan kebutuhan.
  2. Acquisition. Aktifitas mengembangkan produk layanan.
  3. Stewarships. Membentuk dan mempertajam dukungan sumber daya.
  4. Retirement. Sinyal yang menyatakan akhir dari penggunaan resource.

Job description

Adalah informasi secara umum mengenai pekerjaan dari sebuah jabatan seseorang untuk melakukan pekerjaan umum, atau fungsi, atau tanggung jawab. Di dalamnya bisa terkandung kualifikasi dan atau besar gaji.
Job description didapatkan dengan melakukan Job analysis terlebih dahulu.

Job description bisa memerlukan spesifikasi khusus orang tertentu. Hal ini disebut sebagai Term Of Reference. 

Job analysis

Adalah kegiatan menghimpun data-data pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang untuk membentuk job description. Hal yang bisa dilakukan untuk kegiatan job analysis adalah meninjau ulang kegiatan pekerja sekarang, melakukan riset internet pekerjaan serupa, analisis kegiatan dan posisi, riset ke perusahaan lain, dan hasil paling penting yang diharapkan.

Job specification

... Menjelaskan pengetahuan, keterampilan, pendidikan, pengalaman, dan kemampuan yang dimiliki untuk mengerjakan sebuah pekerjaan. Job specification didapat dari job analysis. Secara ideal, Job specification juga dikembangkan dari job description untuk memberi informasi lebih detail mengenai orang yang diinginkan dalam sebuah perusahaan.

Value Chain

... Adalah kegiatan berantai dan berkesinambungan dari sebuah organisasi untuk menyampaikan produk atau jasa yang bernilai ke pasar.


Sumber-sumber:

No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)