Sunday, May 11, 2014

Lecture Note: Turing

Alan Turing dikenal sebagai pemrakarsa komputer moderen. Sampai sekarang namanya dikenal oleh masyarakat luas. Err.. mungkin tidak terlalu luas, ya setidaknya kebanyakan penggiat teknologi tahu lah dengan beliau. Hehe.

Lecture note kali ini dibahas oleh pak Lala Septem Riza. Berikut lecture note dari beliau:

[LECTURE NOTE] Jika ditanya, "Siapakah Bapak dari Ilmu Komputer (Computer science)? Jawabannya adalah Alan Mathison Turing. Hidup sejaman dengan Albert Einsten, penemu E=MC^2, dan Von Neumann, designer architecture komputer, di tahun 1912 - 1954. Disaat meninggalnya, diketahui didalam tubuhnya mengandung racun sianida dengan sebuah apel yang sudah tergigit disamping tubuhnya. Mirip dongeng di cerita anak. Dan, walau Steve Jobs mengatakan hanya kebetulan saja mengambil simbol untuk produk "Apple" adalah sebuah apel tergigit, dia senang ketika ternyata simbolnya itu mirip cerita hidup Alan Turing. Sampai saat ini, masih jadi spekulasi mengapa ada racun didalam tubuhnya. Satu dugaan yaitu dia mengalami stress berat dan bunuh diri setelah dijatuhi hukuman oleh pemerintah Inggris (dan Gereja) dengan cara diasingkan dan harus meminum obat untuk menekan hawa nafsu homoseksualnya. Dugaan lainnya adalah karena diracun oleh orang lain.
Salah satu karya besar dalam hidup Turing adalah decipher kode enigma yang digunakan oleh German pada perang dunia ke 2. Dengan keahliannya, Inggris dan sekutu dapat menyadap dan menerjemahkan komunikasi Hitler dan tentaranya. Mungkin, secara tak langsung ini juga mempengaruhi kemerdekaan Indonesia seperti halnya bom Nuklir di Jepang. Selain itu, karya Turing yang fenomenal adalah paper tentang Turing test. Jika sempat melihat film keluaran 2014 "The Machine", disitu ada adegan untuk uji Turing. Satu orang dan satu komputer dimasukkan ke ruangan tertutup yg berbeda, kemudian penguji menanyakan pertanyaan sembarang/apapun. Misalkan ditanya, "Describe love in three words?", kamar A menjawab: "Home, hapiness, reproduction", sedang kamar B menjawab: "Hapiness, sadness, life". Setelah memberikan beberapa pertanyaan, jika penguji tak juga dapat membedakan mana manusia dan mana komputer, maka komputer telah lulus uji Turing. Tentu ini tak mudah membuat komputer seperti ini karena melibatkan banyak aspek, e.g., machine learning, artificial intelligence, data mining, computer vision, natural language processing, pattern recognition, dan voice recognition. Dan, sampai sekarangpun, belum ada satu mesin yang telah lulus uji Turing. So, Anda berniat menciptakannya ? 

No comments:

Post a Comment

Comment is caring :)