Friday, February 20, 2015

Ujian Pra Sidang

20 Februari yang lalu saya akhirnya diizinkan untuk melaksanakan ujian pra sidang. Pra sidang adalah sidang yang dilakukan sebelum sidang *masa sih*. Sebenarnya bisa dikatakan pra sidang dan sidang itu sama, hanya kostum saja yang berbeda (pra sidang pakai batik sedangkan sidang pakai jas).

Seperti apa sih ujian pra sidang itu?

Pra sidang hanyalah melaksanakan presentasi skripsi yang sudah dikerjakan selama 15 menit di depan 3 penguji, kemudian ditanya-tanya oleh penguji. Itu saja sebenarnya intinya. Setelah kegiatan inti tersebut adalah proses revisi untuk melaksanakan ujian sidang (yang nanti setelah sidang juga ada revisi lagi kok, hehe).

Bagaimana caranya bisa ujian pra sidang?

Atau pertanyaan ini bisa dielaborasi menjadi "Apa saja tahapan yang dilakukan agar bisa melaksanakan pra sidang?" Hmm.. Sepertinya lebih nyaman untuk dibahas dengan listicle. Agar lebih lengkap, saya tambahkan juga poin-poin yang harus dilaksanakan setelah pra sidang. Berikut poin-poinnya:

1. Bimbingan dan dapatkan 2 tanda tangan pembimbing

Laksanakan bimbingan seperti biasa. Jika dokumen skripsi yang kamu tulis sudah sampai tahapan yang dianggap memadai oleh pembimbing, maka selanjutnya lembar bimbingan kamu akan ditandatangani oleh pembimbing 1 dan 2.

2. Daftar ke prodi

Setelah lembar bimbingkan kamu ditandatangani, kemudian segeralah untuk mendaftar ujian sidang di prodi. Disana ada formulir yang dipisahkan untuk program dik dan nondik. Pilih sesuai program studi kamu dan tulis nama, nama skripsi, nomor telepon, nama pembimbing, dan bidang kajian.
Di form ini ada waktu deadline pengumpulan draft dan waktu pelaksanaan pra sidang. Catat tanggal-tanggal ini.
Form pendaftaran ujian sidang. Ada tanggal-tanggal pentingnya di bagian atas

3. Siapkan draft skripsi, dokumen teknis, paper, fotocopy lembar bimbingan, dan presentasi

Print draft skripsi, dokumen teknis (untuk non dik), dan paper (jurnal) yang kamu buat. Buat masing-masing 3 rangkap.
Dokumen teknis menggunakan kertas berukuran A5. Ukuran ini bisa didapat dengan membagi dua kertas A4.

Tips: gunakan kertas 70 gram supaya lebih hemat. Saat draf masih boleh kok pakai kertas jenis ini.

Gunakan klip besi untuk menjilid dokumen tebal yang kamu print.
klip besi
Jangan lupa untuk fotocopy juga lembar bimbingan kamu.

Tips. Ada baiknya kamu juga print satu dokumen tambahan yang kamu gunakan saat presentasi sidang (jadi yang di print ada 4 rangkap ). Jika ada penguji yang menanyakan kejelasan di salah satu bagian dokumen yang kamu buat kamu bisa langsung membukanya.

Siapkan presentasi tentang skripsi kamu. Presentasi yang digunakan mencakup latar belakang penelitian, dasar teori, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan, dan saran.

4. Kumpulkan draft, skripsi, dokumen teknis, paper, dan lembar bimbingan

Serahkan semua draft dan lembar bimbingan kamu. Untuk lembar bimbingan beri yang asli dan simpan fotocopy nya. Ada baiknya dokumen yang kamu serahkan digabung dalam satu kantong plastik sehingga tidak berceceran. Dokumen-dokumen ini nantinya akan digunakan saat pengujian.

5. Datang di hari ujian

Datang ke kampus pada hari ujian yang telah ditetapkan. Baju batik adalah dresscode yang digunakan saat pra sidang. Jangan lupa untuk mempersiapkan laptop dan draf skripsi cadangan yang akan kamu bawa. Jangan lupa juga untuk bawa alat tulis!

Tips: Jangan lupa juga untuk bawa tote bag yang cukup besar. Draf-draf skripsi kamu akan dikembalikan ke kamu setelah sidang, jadi akan lebih nyaman untuk membawanya pulang dengan tote bag.

6. Masuk ke ruangan berdasarkan jadwal

Hang out dulu dengan teman-teman yang sama-sama akan melaksanakan pra sidang. Ya siapa tahu ada info penting.
Biasanya jadwal ujian diberitahukan h-1 sidang. Pengalaman saya h-1 prasidang adalah hari libur, jadi jadwal akan diberitahukan saat pas hari H. Jadi datanglah mulai pagi (jam 7:00, biasanya prasidang dimulai jam 7:30)

Jadwal sidang yang diberikan
Jika belum giliran kamu, maka tunggu di luar ruangan. Pastikan semua kebutuhan saat sidang sudah disiapkan.

7. Presentasi 15 menit

It's show time! Siapkan laptop kamu dan mulai presentasi dengan waktu 15 menit. Mungkin ada kalanya dosen-dosen penguji melihat handphone atau membaca-baca dokumen kamu sehingga tidak melihat saat kamu sedang presentasi, tapi bukan berarti itu tidak diperhatikan ya!

8. Tanya jawaban dengan dosen penguji

Setelah presentasi, kemudian saatnya setiap dosen penguji untuk menanyakan penelitian yang telah kamu lakukan.
TipsJangan lupa untuk mencatat saran, kritik, dan revisi yang dosen penguji sebutkan! Jangan sampai hanya terkesima :p. Kritik dan saran yang dicatat bisa membantu melengkapi hasil berita acara yang diberikan.

9. Ambil  "Berita Acara"

Setelah dilaksanakan tanya jawab, kemudian tutup presentasi kamu. Dosen penguji akan memberikan draf-draf skripsi kamu serta selembar berita acara. Fotocopy berita acara ini sebanyak 5 rangkap, kemudian beri lagi dokumen yang asli ke dosen penguji (tips: tergantung permintaan dosen. Ada yang meminta diberi lagi ke dosen penguji, ada juga yang langsung diberi ke ruang prodi).
Simpan fotocopy berita acara ini. Kata teman saya nanti digunakan lagi untuk lampiran. Hmm.. tapi lupa untuk apa.

contoh berita acara
Jangan lupa, kamu harus melaksanakan bimbingan dan revisi dengan dosen penguji dan pembimbing skripsi. Waktu pengerjaan revisi yang diberikan adalah 1 minggu.

Tips: Tanya dengan dosen penguji dan teman-teman yang dibimbing oleh dosen penguji tersebut kapan biasanya beliau ada waktu untuk melaksanakan bimbingan di kampus.

10. Ambil "Surat Keterangan Perbaikan Prasidang" dan "Surat Rekomendasi Sidang Skripsi" di Prodi

Agar bisa melaksanakan sidang, peserta pra sidang harus mendaftar sidang *waw, sangat mengejutkan*. Pendaftaran ini dilakukan dengan menyiapkan surat hasil prasidang dan rekomendasi sidang skripsi. Ambil kedua surat ini di prodi. Awas ya, jangan sampai salah ambil! Pastikan yang tulisannya "PRASIDANG".
surat keterangan perbaikan prasidang

surat rekomendasi sidang skripsi
Surat ini akan ditandatangani oleh penguji, pembimbing skripsi, dan pembimbing akademik. Ingat! Semua surat ini harus beres selama seminggu!

Tips: Saat di prodi kamu bisa meminta surat-surat lain yang seharusnya diambil setelah sidang, yakni surat keterangan perbaikan sidang, surat keterangan selesai administrasi, dan surat keterangan bebas laboratorium. Jadi tidak usah bolak-balik lagi :)


11. Ambil "Form Checklist" dan "Formulir Pendaftaran Ujian Sidang" di fakultas

Selain surat dari prodi, ada juga surat khusus untuk mendaftar sidang dari fakultas. Ambil surat ini di dalam ruangan TU fakultas. Pastikan mengambil sesuai dengan program studi kamu. Bagi yang non-dik jangan sampai salah ambil yang pendidikan (karena isian jenis mata kuliahnya akan berbeda)
Form Checklist. Kebutuhan persiapan sidang kamu dijabarkan disini.

Formulir pendaftaran sidang. Jangan sampai salah ambil!

Daftar nilai mata kuliah halaman 1

Daftar nilai mata kuliah halaman 2

That's it!

Sekarang mari kita kerjakan revisi. Aduh bingung, gimana ngerjainnya ya?

1 comment:

Comment is caring :)